Prodi Informatika

Prodi Informatika

Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat dibuka untuk memenuhi kebutuhan pasar akan tenaga ahli dibidang informatika. Seorang ahli informatika (Ilmu Komputer) harus mempunyai dasar algoritma dan logika yang kuat karena ia akan merancang suatu prosedur baru, modul baru ataupun algoritma baru. Hasil rancangan dan temuan baru ini digunakan oleh tenaga ahli dari Sistem Informasi untuk dibuatkan aplikasinya, sehingga temuan tersebut bisa mempermudah dan melengkapi fasilitas kehidupan manusia. Program studi ini didirikan pada tahun 2005 pengembangan dari program studi Sistem Informasi yang sudah dulu ada. Untuk menyelesaikan program studi ini mahasiswa harus menyelesaikan dalam sks sebanyak 156 SKS.

 

VISI

Menjadi Program Studi Informatika yang terkemuka dan unggul di Indonesia Timur dalam penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dalam bidang Teknik Informatika khususnya dibidang jaringan dan pengembangan aplikasi berbasis mobile.

 

MISI

Misi Program Studi Informatika dirumuskan dengan memperhatikan aspek-aspek Tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat) sehingga keterlaksanaan misi yang diartikulasikan diharapkan akan mampu mewujudkan visi program studi:

  1. Terdepan dalam bidang Pendidikan
    1. Mencapai keunggulan dalam pendidikan dengan memiliki akhlak yang terbaik dibidang teknik informatika bagi mahasiswa didik.
    2. Menyiapkan sarana dan prasarana yang kondusif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu menerapkan pengetahuannya serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi.
    3. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas, berdisiplin dan professional.
    4. Menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman serta mendukung dalam pengembangan tabiat yang mulia.
    5. Menyiapkan kurikulum yang berbasis kompetensi, dan selalu ditinjau setiap empat tahun sekali secara berkala, dan menyediakan mata kuliah pilihan dalam kurikulum.
  2. Terdepan dalam bidang Penelitian
    1. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa maupun lulusannya dalam penelitian dan aplikasinya yang mendukung pengembangan dibidang teknik informatika.
    2. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya-karya ilmiah dibidang teknik informatika.
    3. Mengupayakan bagi setiap Dosen PS untuk mendapatkan hak Paten dalam skala nasional.
    4. Meningkatkan kualitas penelitan secara berkelanjutan.
  3. Terdepan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat
    1. Memberikan pendidikan dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan kekinian yang diperlukan untuk digunakan dan diterapkan dalam masyarakat, serta mampu dalam melakukan pengembangan, inovasi berbasis penelitian yang berguna bagi pemangku kepentingan saat ini dan akan datang.
    2. Secara aktif dan berkelanjutan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara professional dengan menggunakan dan menerapkan kompetensi yang dimiliki oleh Program Studi Teknik Informatika melalui Dosen dosen PS.
    3. Mampu bekerja sama dan berkolaborasi dengan sesama bidang teknik informatika maupun bidang ilmu lainnya agar terciptanya hubungan yang baik dengan lingkungan dan masyarakat.
  4. Terdepan dan Teladan dalam Manajemen dan Pelayanan
    1. Melaksanakan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi Dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pengguna lulusan.
    2. Melakukan monitor, kontrol dan evaluasi terhadap kualitas layanan Program studi Teknik Informatika agar dapat dilaksanakan secara benar, baik dan professional.
    3. Membina kerjasama dengan berbagai pihak untuk selalu memelihara kemutakhiran ilmu yang diajarkan kepada mahasiswa.

 

TUJUAN
  1. Menyediakan dosen yang Profesional, Berdisiplin, memiliki akhlak yang mulia (Spiritual yang baik) dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan stakeholder. Lulusan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dalam bidang teknik informatika dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Lulusan yang mampu bekerja sama, memiliki jiwa wirausaha dan dapat bekerja mandiri.
  4. Lulusan yang mempunyai perilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab dan integritas iman yang kuat.
  5. Lulusan yang memiliki kompetensi untuk menjadi seorang yang terampil dalam pemrograman mobile, jaringan, dengan penguasaan algoritma yang baik serta mampu membuat solusi terbaik yang lebih efektif dan efisien.
  6. Meningkatkan kualitas penelitan dan karya ilmiah dibidang teknik informatika secara berkelanjutan, serta mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
  7. Menerapkan pengetahuan dan ketrampilan bidang teknik informatika yang bermanfaat bagi masyarakat.
  8. Memberikan pelayanan yang maksimal dalam hal fasilitas, manajemen dan administrasi program studi.


Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Informatika


Sertifikat akreditasi program studi Teknik Informatika