Prodi Sistem Informasi

Prodi Sistem Informasi

Program studi Sistem Informasi di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat berdiri sejak tahun 1999 pertama kali program studi ini bernama Ilmu Komputer, kemudian berubah menjadi Sistem Informasi. Pada tahun 2010 program studi ini sudah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan nomor 021/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010. Lulusan program studi Sistem Informasi akan menjadi seorang ahli dibidang Sistem Informasi, dimana mereka ini akan membuat aplikasi-aplikasi yang bermanfaat bagi manusia disegala bidang, seperti perkantoran, institusi, perhotelan, perdagangan dll. Sebuah sistem yang sebelumnya dikerjakan manual, oleh seorang ahli Sistem Informasi akan menjadi mudah, sederhana dan otomatis dengan bantuan komputer Untuk menyelesaikan program studi ini sesuai dengan kurikululm tahun 2008-2013 mahasiswa dituntut untuk menempuh sejumlah mata kuliah dengan bobot satuan kredit semester total 154 SKS, yang bisa diselesaikan dalam waktu empat tahun.

VISI

Menjadi Program Studi Sistem Informasi pilihan dalam bidang pengembangan dan penerapan Sistem Informasi khususnya di bidang basisdata dan jaringan di Indonesia Timur dan diterima sebagai panutan dengan menyeimbangkan pengembangan fisik, mental, sosial, dan spiritualnya.

MISI
  1. Menyelengarakan program studi yang mendukung pengembangan dan penerapan Sistem Informasi dengan penekanan pada bidang pengembangan sistem informasi dan implementasinya.
  2. Menyiapkan sarana dan prasarana yang kondusif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan mampu menerapkan pengetahuannya serta mampu beradaptasi terhadap perkembangan pengetahuan dan teknologi.
  3. Membina kerjasama dengan berbagai pihak untuk selalu memelihara kemutakhiran ilmu yang diajarkan kepada mahasiswa.
  4. Menyiapkan kurikulum yang berbasis kompentensi, dan selalu ditinjau setiap empat tahun sekali secara berkala, dan menyediakan mata kuliah pilihan dalam kurikulum.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang Sistem Informasi.
  6. Meningkatkan jumlah penelitian.
  7. Meningkatkan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
TUJUAN
  1. Meningkatkan profesionalisme dosen.
  2. Pengembangan laboratorium komputer untuk sarana pembelajaran.
  3. Mengembangkan kerjasama untuk sertifikasi mahasiswa dengan badan sertifkasi internasional.
  4. Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan aturan GMAHK.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan profesinya sesuai dengan perkembangan Sistem Informasi secara umum, dan dibidang basisdata dan jaringan secara khusus.
  6. Meningkatkan jumlah penelitian dosen.
  7. Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat.


Visi, Misi dan Tujuan program studi Sistem Informasi


Sertifikat akreditasi program studi Sistem Informasi